Lanjutan coding membuat garis ( bulatan berbentuk smile dan bintang )
kemarin saya sudah memposting coding java untuk membuat garis berbentuk rumah sekarang saya akan melanjutkan dengan berbentuk smile dan bintang ..
langsung saja ya...
ini codingnya :
package smile;
/**
*
* @author Jupank
*/
import java.awt.*;
class smile extends Panel{
smile(){
setBackground(new Color(227, 227, 227));// warna background
}
public void paint(Graphics A){
A.setColor(Color.white); // untuk warna
A.drawArc(229,29, 152, 151, 0, 360);//draw lingkaran kepala
A.setColor(new Color(237, 202, 39));
A.fillArc(230,30, 150, 150, 0, 360);//warnai lingkaran kepala
A.setColor(Color.WHITE);
A.fillArc(265,70, 20, 40, 0, 360);//warna mata putih kiri
A.setColor(Color.WHITE);
A.fillArc(325,70, 20, 40, 0, 360);// warna mata putih kanan
A.setColor(Color.BLACK);
A.fillArc(325,75, 20, 30, 0, 360);// warna mata hitam kanan
A.setColor(Color.BLACK);
A.fillArc(265,75, 20, 30, 0, 360);//warna mata hitam kiri
A.setColor(Color.WHITE);
A.fillArc(275,100, 65, 60, 0, -180);//warna fill mulut warna putih
}
public static void main(String[] args) {
// TODO code application logic here
Frame f1 = new Frame();
smile H = new smile();
f1.add(H);
f1.setSize(600, 300); // Ukuran tampilan form
f1.setVisible(true);
}
}
hasil outputnya :
untuk coding hanya berbeda sedikit dengan coding sebelumnya jadi saya pastikan pengunjung pasti bisa memahaminya..
oke selanjutnya untuk membuat bintang atau poligon,
codingnya :
package graphics;
/**
*
* @author Jupank
*/
import java.awt.Color;
import java.awt.Graphics;
import javax.swing.JFrame;
import javax.swing.JPanel;
class polyline extends JPanel {
public void paint(Graphics g) {
g.setColor(Color.black);
int[] xs = {30, 80, 130, 90, 130, 80, 30, 70, 30};
int[] ys = {60, 100, 60, 110, 160, 120, 160, 110, 60};
g.drawPolyline(xs, ys, 9);
}
public static void main(String[] args) {
JFrame frame = new JFrame();
frame.getContentPane().add(new polyline());
frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
frame.setSize(300,300);
frame.setVisible(true);
}
}
Hasil outputnya :
dan apabila kita mengurangkan 1 titik , g.drawPolyline(xs, ys, 8);
ini hasilnya :
lalu kita coba menguranngkan 4 titik, g.drawPolyline(xs, ys, 5);
mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan, jika pengunjung memiliki pertanyaan bisa dikomentari. Terima kasih
langsung saja ya...
ini codingnya :
package smile;
/**
*
* @author Jupank
*/
import java.awt.*;
class smile extends Panel{
smile(){
setBackground(new Color(227, 227, 227));// warna background
}
public void paint(Graphics A){
A.setColor(Color.white); // untuk warna
A.drawArc(229,29, 152, 151, 0, 360);//draw lingkaran kepala
A.setColor(new Color(237, 202, 39));
A.fillArc(230,30, 150, 150, 0, 360);//warnai lingkaran kepala
A.setColor(Color.WHITE);
A.fillArc(265,70, 20, 40, 0, 360);//warna mata putih kiri
A.setColor(Color.WHITE);
A.fillArc(325,70, 20, 40, 0, 360);// warna mata putih kanan
A.setColor(Color.BLACK);
A.fillArc(325,75, 20, 30, 0, 360);// warna mata hitam kanan
A.setColor(Color.BLACK);
A.fillArc(265,75, 20, 30, 0, 360);//warna mata hitam kiri
A.setColor(Color.WHITE);
A.fillArc(275,100, 65, 60, 0, -180);//warna fill mulut warna putih
}
public static void main(String[] args) {
// TODO code application logic here
Frame f1 = new Frame();
smile H = new smile();
f1.add(H);
f1.setSize(600, 300); // Ukuran tampilan form
f1.setVisible(true);
}
}
hasil outputnya :
untuk coding hanya berbeda sedikit dengan coding sebelumnya jadi saya pastikan pengunjung pasti bisa memahaminya..
oke selanjutnya untuk membuat bintang atau poligon,
codingnya :
package graphics;
/**
*
* @author Jupank
*/
import java.awt.Color;
import java.awt.Graphics;
import javax.swing.JFrame;
import javax.swing.JPanel;
class polyline extends JPanel {
public void paint(Graphics g) {
g.setColor(Color.black);
int[] xs = {30, 80, 130, 90, 130, 80, 30, 70, 30};
int[] ys = {60, 100, 60, 110, 160, 120, 160, 110, 60};
g.drawPolyline(xs, ys, 9);
}
public static void main(String[] args) {
JFrame frame = new JFrame();
frame.getContentPane().add(new polyline());
frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
frame.setSize(300,300);
frame.setVisible(true);
}
}
Hasil outputnya :
dan apabila kita mengurangkan 1 titik , g.drawPolyline(xs, ys, 8);
ini hasilnya :
lalu kita coba menguranngkan 4 titik, g.drawPolyline(xs, ys, 5);
mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan, jika pengunjung memiliki pertanyaan bisa dikomentari. Terima kasih
Komentar